Monday, March 19, 2018

Openstack: overview

 
Openstack?barang apa lagi itu????…mungkin akhir-akhir ini yang berkecimpung didunia infrastructure server pasti sering mendengar istilah itu?..Kalau menurut refrensi dari situsnya (www.openstack.org), OpenStack adalah sistem operasi khusus untuk membangun cloud  data center baik public ataupun privat. Open stack dipergunakan untuk mengelola sumber-daya seperti komputer, storage, dan network, yang tersedia pada infrastruktur fisik seperti dalam sebuah data center. Administrator atau pengguna dapat mengendalikan dan melakukan provisioning atas sumber-daya tersebut melalui sebuah dashboard . Developer juga dapat mengakses sumber-daya tersebut melalui sejumlah API standard.
 
Sudah pahamkah?atau tambah pusing?..mungkin sama saya juga pusing.. ☺. Singkatnya sih openstack adalah system operasi khusus yang didesain untuk membuat cloud provider, baik untuk dijual lagi (public) atau untuk perusahaan sendiri (private). Openstack sama seperti halnya vmware esxi, tapi openstack mungkin lebih komplek dan mempunyai format open sorce. Jadi siapapaun bisa menggunakannya tanpa perlu membayar license.
Dari gambar diatas menjelaskan topology dari technology openstack. Dimana openstack mengorginisir dari beberapa komponen dasar infrastruktur seperti Compute (server virtualisasi), storage, dan network dalam satu management yang saling terintegrasi.
Dalam aktivitasnya, openstack tidak bekerja sendirian tapi merupakan satu kesatuan dari beberapa komponen dalam openstack. Beberapa komponen utama dalam openstack saya rangkum dalam abel dibwah:
Service
Code Name
Description
Identity Service
Keystone
User Management
Compute Service
Nova
Manage virtual machine
Image Service
Glance
Manages Virtual image seperti kernel linux
Dashboard
Horizon
GUI untuk mengakses openstack
Object Storage
Swift
Manage objek Storage
Block Storage
Cinder
Storage Management  untuk Virtual Machine
Network Service
Neutron
Manage Virtual Networking
Orchestration Service
Heat
Menyediakan fungsi Orchestration untuk Virtual Machine
Metering Service
Ceilometer
Ini untuk accounting menghitung penggunaan resource
Database Service
Trove
Memanage database service
Data Processing Service
Sahara
Menyediakan fungsi Data Processing
Sepertinya ini dulu untuk tahap pengenalan openstack. Selanjutnya coba menulis tentang instalasi Openstack.
Kalau ada yang salah silahkan koreksi yak, saya sangat terbuka untuk menerimanya. ☺
Salam

0 comments:

Post a Comment

Silahkan comment yang relevan yak. :)