Monday, March 19, 2018

Install docker di Linux Centos 7


Kita lanjutkan sesi pembahasan tentang docker. Kalau kemarin kita berkenalan dulu dengan docker, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana melakukan instalasi docker di server linux, sebenarnya ada tools juga biar bisa jalan diwindows, nanti saya jelaskan diperiode selanjutnya.

Sebelum melakukan instalasi docker, asumsi OS linuxnya sudah tersedia (saya menggunakan Centos 7 sebagai host). Dan tersedia jaringan ke internet untuk melakukan instalasi dan update patch.
  1. Cek versi OS linux, docker hanya jalan di versi 64 Bit. Dilinux ketik “uname –r” untuk mengetahui versi OS yang digunakan.
  2. Kemudian lakukan update OS Linux, hal ini dilakukan meminimalisir ketidak compatiblean software. Caranya ketik “yum update”.
  3.  Setelah berhasil diupdate, kita akan menginstall docker, ketikan perintah “yum Install docker”. 
  4. OS akan melakukan pencarian packet docker diinternet, file-file yang akan didownload dan diinstall adalah sebgai berikut: 5. Tekan huruf “Y” untuk melanjutkan instalasi docker. Tunggu hingga beberapa saat sampai status instalasinya Complete. 
  5. Setelah diinstal lakukan pengecekan apakah service docker sudah running atau belum?caranya ketik “systemctl status docker.service”. Jika statusnya Inactive, berarti Docker statusnya mati. 
  6. Untuk menghidupkan service docker, ketikan perintah “systemctl start docker.service”. kemudian check lagi status service docker dengan mengunakan perintah “systemctl status docker.service”. 
  7. Setalah dipastikan berjalan, kita buat agar docker berjalan dibelakang service dan otomatis runnning setelah dilakukan restart pada host. Caranya ketikan perintah “systemctl enable docker.service”.

Instalsi docker sudah selesai, langkah beringkutnya adalah menggunakan image dan container. Tapi nanti disesi berikutnya. Mau jumatan dulu..

Jika ada masukan, dengan senang hati saya akan menerimanya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan comment yang relevan yak. :)